Visi dan Misi

Visi :

“ Menjadikan Masyarakat Maluku yang Tangguh Menghadapi Bencana secara Sinergitas”

Suatu masyarakat yang Tangguh bencana adalah masyarakat yang memiliki kemampuan mengenali, mengantisipasi, mencegah, dan mengurangi resiko bencana serta mampu mengatasi secara efektif jika terjadi bencana, kemudian mampu bangkit kembali setelah bencana untuk melanjutkan kehidupan selanjutnya. Masyarakat yang tangguh ditandai pula oleh terbangunnya budaya sadar Bencana, dimana Pengurangan Risiko Bencana yang telah di Mitigasi pada semua kebijakan perencanaan, pelaksanaan, dan perilaku yang mendukung terbangunnya Bangsa dan Masyarakat yang tangguh Bencana.
Dengan demikian, masyarakat yang tangguh Bencana adalah masyarakat yang mempunyai kemampuan / kapasitas memiliki diri daya lenting balik, setelah suatu kejadian Bencana dan membangun kembali kehidupan dengan cara yang lebih baik.
Sedangkan Sinergitas merupakan suatu proses pembangunan yang saling mendukung dan saling bahu membahu satu sama lain untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Misi :

  1. Pengembangan kesiapsiagaan terhadap Penanggulangan Bencana dengan tujuan memberikan respon yang efektif disemua tingkatan dan wilayah Pemerintahan;
  2. Meningkatkan efektifitas penanganan tanggap Darurat Bencana;
  3. Memenuhi Hak masyarakat terkena Bencana dan penanganan Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana;
  4. Menetapkan fungsi koordinasi dan efektifitas dalam tata kelola penanggulangan bencana;

Upaya pencapaian Misi Penanggulangan Bencana dimana BPBD sebagai koordinasi, komando dan pelaksana memerlukan suatu kerjasama yang sinergitas antara pelaku kepentingan yaitu instansi teknik terkait, lembaga pemerintah dan masyarakat termasuk lembaga usaha dalam kerangka kerjasama yang terkoordinasi, terarah dan terpadu serta kemitraan yang harmonis.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here