Partisipan HKB 2018 di Provinsi Maluku Meningkat Drastis

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) sudah dilaksanakan sejak tahun 2017. Tahun ini merupakan tahun kedua peringatan HKB di seluruh Indonesia. Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah yang turut mengambil bagian dalam peringatan HKB tersebut.

Dalam peringatan HKB tahun ini tercatat sejumlah 5.043 jiwa telah mendaftar sebagai bukti partisipasi dan keikutsertaan lembaga/instansi pemerintah, komunitas, dan masyarakat. Jumlah ini meningkat lima kali lipat dibandingkan tahun lalu, dimana partisipa dari Provinsi Maluku hanya berjumlah kira-kira 1.000 jiwa. Angka partisipan yang telah mendaftar, mungkin akan tetap bertambah. Hal ini dapat dilihat dari masih masuknya konfirmasi dari lembaga/instansi yang bersedia untuk berpartisipasi menyukseskan HKB.

Partisipasi untuk HKB 2018 ini perlu diapresiasi. Meningkatnya jumlah partisipan di tahun ini, seolah memberi tanda bahwa bencana sudah menjadi isu penting yang perlu diperjuangkan di negeri raja-raja ini. Di satu sisi, peran pemerintah daerah dalam mendukung peringatan HKB perlu diancungi jempol. Plt. Gubernur Maluku, Bapak Zeth Sahuburua, melalui surat resmi kepada Bupati/Walikota, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Organisasi Kemasyarakatan, Pimpinan Lembaga/Instansi se-Provinsi Maluku, telah menyerukan diadakannya latihan evakuasi mandiri, uji sistem peringatan dini, dan kesiapsiagaan keluarga. Respon yang positif dari masing-masing pihak telah ditunjukkan dengan meningkatnya partisipan yang bersedia mengadakan latihan evakuasi mandiri.

Partisipan dari SD Al-Hilal Laha sedang melaksanakan evakuasi mandiri dalam rangka HKB 2018

Optimisme menuju Maluku Tangguh Bencana seolah bukan lagi wacana. Perlahan tapi pasti, ketangguhan itu pasti direngkuh. Langkah positif di HKB 2018 ini, kiranya menjadi pemicu semangat masing-masing pihak untuk manggurebe siaga bencana. Bukankah siaga bencana itu merupakan kebutuhan setiap individu?

Manggurebe siaga bencana, dari katong par katong!

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here