BPBD Provinsi Maluku Gelar Workshop Penulisan Konten Website

Ambon (3/10) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku menyelenggarakan Workshop Penulisan Konten untuk Kontributor Website dan Media Sosial.  Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama BPBD Provinsi Maluku dan Program Technical Assistance Training Teams (TATTs). Dilaksanakan sejak tanggal 1-2 Oktober 2018, di Ruang Rapat Pusdalops BPBD Provinsi Maluku. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah pengelola website BPBD Provinsi Maluku dan perwakilan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Provinsi Maluku. Fasilitator utama dari wartawan kompas, Ahmad Arif. Selain itu, turut hadir tim Arbeiter Samariter Bund (ASB) Indonesia dan The Philippines menyampaikan materi terkait inklusi disabilitas dan praktik manajemen berita di media sosial.

Pada hari pertama pelatihan, hadir Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Maluku Dra. Farida Salampessy, M.SI. Ida menyampaikan, “informasi terkait bencana itu penting karena menyangkut nyawa banyak orang”. Oleh karena itu hadirnya media dari sumber yang terpercaya, termasuk website BPBD, akan sangat berguna.

Materi yang disampaikan pada pelatihan hari pertama dan kedua meliputi: dasar-dasar jurnalisme, jurnalisme kebencanaan, pengantar inklusi disabilitas dalam pengurangan risiko bencana, membedakan opini dan fakta, menangkal hoax, observasi dan wawancara, menulis berita dan opini, serta desain media sosial. Di akhir pelatihan, diterbitkan Fanpage Facebook “BPBD Prov Maluku” yang dikelola oleh tim editor BPBD Provinsi Maluku. Masyarakat dapat berkontribusi memberikan berita melalui email atau kontak editor yang tertera dalam Fanpage. Dengan demikian, harapannya terjalin kemitraan antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, termasuk organisasi penyandang disabilitas dalam mengurangi risiko bencana di wilayah Maluku. (WP/FS)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here