Table Top Exercise (TTX) Banjir dan Tanah Longsor Provinsi Maluku

BPBD Provinsi Maluku didukung oleh TATT’s Maluku melaksanakan kegiatan TTX Banjir dan Tanah Longsor. Kegiatan tersebut berlangsung di Natsepa Hotel, 15 – 16 Agustus 2018.

TTX merupakan salah satu latihan dengan metode diskusi yang difasilitasi oleh Fasilitator. Latihannya terfokus pada peran dan fungsi, perencanaan, koordinasi, dampak dari keputusan terhadap organisasi, dan hal-hal lainnya.

Tujuan pelaksanaan TTX ini, antara lain: (1) Memvalidasi, menguji dan mengevaluasi kebijakan, rencana, prosedur, peran dan tanggung jawab; (2) Memperjelas peran, tugas dan tanggung jawab; (3) Meningkatkan koordinasi dan komunikasi; (4) Mengidentifikasi permasalahan yang timbul; (5) Menyelesaikan permasalahan dengan metode diskusi; dan (6) Sebagai persiapan menuju latihan selanjutnya.

Dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia, TTX ini turut dihadiri pula oleh Perwakilan USAID, Mercy Corps Indonesia, dan COP TATT’s. Peserta kegiatan TTX ini adalah pejabat dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Instansi/Lembaga teknis terkait kebencanaan, termasuk TNI/Polri.

Pada hari pertama (15/8), para peserta diberikan pembekalan materi dalam academic session dari Narasumber BNPB, BPBD, BMKG, dan USIAD APIK. Proses latihan TTX itu sendiri baru dimulai pada hari kedua (16/8).

Dalam proses latihannya, TTX dibagi menjadi tiga move. Move yang pertama tentang Sistem Peringatan Dini, yang kemudian dilanjutkan dengan move kedua tentang Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Tanah Longsor. Sebagai penutup di move ketiga, didiskusikan hal-hal menyangkut transisi darurat ke pemulihan.

Gambar 1. Proses TTX dalam move 2

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan TTX ini, semua pihak semakin siap dalam pelaksanaan peran dan tugas masing-masing. Terutama pada fase tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor.

 

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here